Sabtu, 07 Desember 2013

Cara mudah mengetahui toko online palsu atau asli

Banyak orang yang tidak bertanggung jawab dengan hanya mencari keuntungan sebentar dengan cara menipu pembeli dengan toko online bahkan situs besar  seperti Google jelas-jelas memerangi yang namanya kepalsuan. Pengalaman pahit seperti ini pernah saya alami dan ingin saya share kepada sobat yang mungkin ingin belanja produk via online.
Dengan mngetahui lebih dini tentang toko online apakah termasuk palsu atau asli maka resiko tertipu akan lebih kecil. Silahkan artikel ini sobat share kepada yang lain jika merasa bermanfaat. Toko online palsu di sini dapat saya artikan toko yang tidak di kelola secara profesional atau asal-asalan atau setelah korban membayar langsung menghilang tanpa jejak.
Nah berikut cara mudah mengetahui toko online palsu atau asli yang patut sobat mengerti:
1. Ada Testimoni
Hati-hati dengan testimoni sebab banyak yang membuat palsu maklum cukup mudah membaut testimoni ini, cara ini dengan tujuan agar calon pembeli semakin yakin.
2. Buka 24 jam alias Non Stop
Toko online yang resmi atau profesional biasanya hanya membuka pada saat jam kerja saja dan hanya toko abal-abal atau palsu yang membuka jam kerja non stop tetapi juga ada beberapa toko online ternama yang membuka non stop.
3. Menampilkan Surat Ijin Tempat usaha(SITU)
Toko yang resmi biasanya tidak akan menampilkan sebab jika ada konsumen atau calon pembeli pemilik toko akan menunjukan alamat tokonya langsung. Toko yang palsu akan menampilkan cara ini dengan tujuan calon pembeli semakin percaya.
4. Alat Komunikasi apa adanya
Alat komunikasi sangat penting dalam situs toko online, toko yang palsu atau tidak profesional biasanya hanya memberikan no kontak HP bahkan untuk melakukan transaksi cukup via sms saja. Toko yang asli atau profesional akan mencantumkan no telp resmi dari Telkom.
5. Sistem Pembayaran Transfer
Cara ini memang sah-sah saja dan banyak pemilik toko menggunakan dengan cara transfer tapi untuk toko palsu biasanya hanya menggunakan cara ini saja atau transfer dan anti dengan cara pembayan lain. Toko yang profesional biansanya akan menggunakan semua sistem pembayaran bahkan ada yang membayar di tempat atau barang di terima baru bayar.
6. Alamat Toko tidak Jelas
Hati-hati jika sobat menemukan website dengan alamat yang cukup jauh apalagi jika sobat membeli produk BM(blackmarket). Jangan tergoda dengan iming-iming hadiah yang serba wah.
7. Pelayanan Murahan
Toko yang di kelola secara profesional akan cepat tanggap salam urusan pelayanan kepada konsumen. Sebelum membeli coba sms, email atau telp langsung tentang kebenaran website tersebut. Jika dalam 24 jam tidak ada balasan atau jawaban biasanya toko tersebut asal jadi dan jika toko tersebut asli biasanya langsung cepat merespon pertanyaan sobat.
Berukut tips aman dari saya agar terhindar dari sang penipu:
1. Dalam sistem pembayaran  biasanya ada no dan nama rekening pemilik, untuk memastikan benar atau tidak no tersebut sebaiknya Copas no dan nama rekening tersebut ke Google search engine, jika ternyata ada dua nama maka sudah pasti no Rek tersebut palsu jadi tidak mungkin no dan nama rekening ada 2 pemilik.
2. Sobat tidak perlu mengenali ciri-ciri toko palsu atau asli seperti di atas jika pemilik toko sudah mempunyai kredibilitas atau seorang pakar marketing atau sobat paling tidak sudah mengenalnya.  Contoh: Joko Susilo mempunyai toko jam tangan dan sobat ingin membeli, sobat tidak perlu lagi ragu sebab siapa yang tidak kenal dengan Joko Susilo walaupun sobat tidak mengatahui alamat rumahnya.
3. Sobat tidak perlu mengetahui ciri-ciri toko palsu atau asli seperti di atas jika toko online tersebut masih satu daerah dengan rumah sobat. Cara lain untuk cek keberadaan website tersebut adalah bertanya kepada teman yang pernah membeli produk tersebut.
4. Lakukan seperti dalam point ke 7
5. Jika sobat masih penasaran tentang toko palsu atau asli, silahkan bertanya di forum seperti kaskus, biasanya akan segera ada jawaban.
5. Coba sobat untuk berpura-pura menjadi pembeli, sobat bilang kalo bekerja di kantor polisi dan mintalah barang pesanan tersebut untuk di antar ke kantor polisi tempat sobat bekerja. Jika toko asli atau profesional siapapun dan dimanapun alamat konsumen pasti akan di kirim tetapi jika toko tersebut palsu maka pasti banyak alasan dan cara ini cukup manjur sebab pernah saya praktekkan.
Saran saya: jangan mudah tergiur dengan iming-iming berupa hadiah atau bonus yang bikin hati bergetar(kaya gempa bumi aja..). Jika sobat ingin mendirikan toko online sebaiknya berikan keterangan apa adanya baik dari sisi kekurangan atau kelebihan. Tidak perlu memberikan testimoni palsu sebab calon pembeli lebih suka kejujuran jadi maksimalkan menu About website sobat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar